Sabtu, 17 Mei 2014

Cara Mengetahui Harga Property

Cara Mengetahui Harga Property
Apabila anda ingin mengetahui informasi tentang cara mengetahui harga properti pada saat ini, berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui harga properti yang akan anda beli:

 1.  Survei terlebih dahulu melalui website  atau Internet, Cara ini merupakan cara yang paling cepat dan cukup mudah. Dengan menggunakan internet atau website, anda dapat mengetahu informasi mengenai harga properi yang akan anda beli.  Akan tetapi, biasanya harga yang terncantum adalah  harga permintaan dan bukan  real harga reproduksi atau harga transaksi properti. Di samping itu, anda juga dapat menemui  agen properti yang dapat memberikan informasi tentang harga transaksi properti.

2.  Survei dengan Independent Appraiser terpercaya, untuk cara ini biasanya Si penjual akan melakukan penawaran berdasarkan hasil appraisal  atau valuation yang akan di lakukan oleh appraiser. Dapat di katakan, jika cara ini merupakan cara yang membutuhkan sebuah perjanjian. Perlu di ingat, harga yang ditentukan oleh appraiser berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yang sudah di janjikan , akan tetapi biasanya  harga ini adalah harga yang bisa di terima oleh pihak pembeli maupun penjual  untuk patokan harga. sesbenarnya  ini  tergantung dari kondisi pasar juga yang akan menjual properti.

3.  Mencari Info dari Agen Properti  atau Broker, carilah agen atau broker yang sudah paham dengan kondisi ini. Misalnya anda dapat berteman dengan Agen Properti, hal ini dikarenakan mereka adalah orang – orang yang telah  berinvestasi properti. Perlu di ingat, jika Agen Properti adalah salah satu orang yang cukup  mengetahui  tentang harga transaksi yang terjadi di daerah – daerah tententu, dan harga transaksi juga dapat di peroleh dengan harga transaksi terakhir atau up to date.

4.  Melihat Catatan Transaksi dari Pemerintah Setempat  atau Instansi terkait, pastikan agar anda melihat catatan transaksi terlebih dahulu dari pemerintah setempat, hal ini bertujuan agar anda mengetahui harga properti tersebut. Biasanya Pemerintah setempat atau  Instansi terkait meliputi  Kantor Kecamatan, Balai Lelang, Kantor Notaris, BPN, dan Bank.

5.  Tanya dengan orang – orang sekitar, Cara ini terbilang cukup mudah dan mungkin lebih tepat jika anda melakukan survei lapangan untuk melihat properti yang akan anda  jual, sehingga anda dapat bertanya kepada orang – orang sekitar mengenai harga properti di suatu  daerah tersebut. Apabila, anda berada dalam satu kompleks , karena ada beberapa rumah yang akan dijual, sehingga anda juga dapat membandingkan dengan harga properti yang akan di jual  saat bersamaan ini.

6.  Dapat melihat Iklan Koran Lokal, sampai saat ini Koran lokal masih sangat efektif untuk memberikan informasi mengenai harga properti, sehingga cara ini dapat di gunakan untuk mencari property-properti yang akan  di jual dengan harga murah.  Maka dari itu, Anda jangan sampai salah beli, pastikan Koran lokal yang anda beli karena targetnya lebih terfokus untuk wilayah sekitar anda.

Oleh sebab itu, mulai saat ini anda tidak perlu bingung lagi untuk mengetahui harga properti, sebab ada cara mengetahui harga properti yang lebih mudah. Jangan sampai anda sebagai pembeli terlanjur menderita kerugian karena membeli property dengan harga yang kemahalan. Dan anda sebagai penjual jangan juga mau rugi karena ketidak tahuan anda harga property di wilayah anda sedang naik tinggi sedangkan anda menjual dengan harga tahun kemarin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar