Selasa, 20 Mei 2014

Tips Memilih Tanah Kavling

Tips Memilih Tanah Kavling

Tanah merupakan salah satu hal yang paling essensial atau penting dalam hidup kita semua, termasuk manusia. Seperti yang diketahui di atas dapat diketahui bahwa Investasi tanah merupakan suatu tempat dimana bangunan tersebut akan didirikan, misalnya untuk mendirikan rumah, apartement , toko, dan lain sebagainya. Dari kesekian contoh fungsi tanah di atas, apakah Anda  juga mengetahui jenis tanah, khususnya tanah kavling? Yah, tanah kavling merupakan suatu lahan tanah yang telah dikavlingkan – kavlingkan dengan ukuran luas tertentu.

Dari pengertian di atas mengenai makna tanah kavling dapat diketahui bahwa tanah kavling adalah suatu lahan tanah yang telah dikavlingkan dengan luas tertentu. Namun perlu diketahui bahwa di dalam membeli tanah kavling, Anda perlu mengetahui beberapa hal. Apakah Anda tahu itu? Jika Anda tidak tahu, di artikel ini penulis akan memberikan tips memilih tanah kavling. Dengan begitu Anda akan meminimalisir kesalahan atau penyesalan ketika Anda memiih tanah kavling dengan jenis tertentu. Namun tips memilih tanah kavling dapat Anda baca di pembahasan berikutnya.

Tips Memilih Tanah Kavling

Seperti yang telah diuraikan dalam penjelasan di atas dapat di ketahui bahwa pentingnya mengetahui tips memilih tanah kavling yaitu untuk meminimalisir tejadinya kesalahan atau penyesalan ketika jenis tanah kavling dengan ukuran tertentu. Adapun tips memilih tanah kavling dapat Anda baca di bawah ini.

1. Anda harus mengetahui lokasi tanah kavling yang akan anda pilih itu berada. Kemudian ketika Anda telah mengetahui lokasi tanah kavling itu berada , sebaiknya Anda memilih lokasi yang sesuai dengan selera Anda dan sebisa mungkin Anda pilih lokasi yang dekat dengan tempat Anda bekerja. Hal tersebut dikarenakan akan dapat menghemat pengeluaran Anda khususnya pengeluaran transportasi.

2. Anda  harus mengenali lingkungan sekitar lokasi kavling Anda. Hal tersebut dikarenakan dengan mengetahui atau mengenal lingkungan sekitar, Anda akan lebih mengetahui keutungan dari memilih lokasi tanah kavling tersebut . Kemudian mengetahui lingkungan sekitar lokasi kavling dapat Anda ketahui dari warga sekitar. Dengan begitu Anda akan mengetahui lingkungan sekitar kavling Anda tersebut baik /aman atau tidak. Hal terpenting di dalam mengetahui lingkungan sekitar kavling Ada yaitu Anda dapat menghindari tanah kavling yang berdekatan dengan tegangan listrik tinggi (sutet), jalur pipa gas dan lain sebagainya. Selain daripada itu, di dalam memilih tanah kavling , Anda harus memastikan bahwa lokasi tanah kavling yang Anda pilih tersebut aman dari ganggguan dan bencana.

3. Di dalam memilih tanah kavling, Anda perlu memperhatikan fasilitas – fasilitas pendukung yang ada di sekitar tanah kavling Anda. Contohnya adanya masjid, pasar, toko, fasilitas pendidikan dan fasilitas pendukung lainnya.

4. Anda harus memperhatikan akses jalan , jaringan listrik, dan air. Dengan tersedianya akses tersebut akan sangat memudahkan Anda ketika membangun rumah.

5. Anda harus memperhatikan kemiringan dan kestabilan tanah. Untuk itu , di dalam memilih tanah kavling, Anda sebaiknya memilih tanah yang landai. Hal tersebut dikarenakan untuk memudahkan Anda di dalam membangun rumah Anda di kemudian hari.

6. Anda sebaiknya memperhatikan luas tanah yang akan Anda beli . Misalnya Apakah tanah kavling tersebut memiliki luas yang sesuai dengan yang Anda inginkan atau tidak .

7. Anda harus mengetahui asal usul tanah kavling yang akan Anda beli. Jangan sampai Anda membeli tanah kavling bekas kuburan, tempat pembuangan sampah dan lain sebagainy, meskipun dengan harga murah dan tidak memberi dampak kepada Anda.

8. Ketika memilih tanah kavling, Anda harus memeriksa kelengkapan surat tanah. Dan Anda harus memastikan bahwasannya tanah kavling tersebut tidak dalam sengketa. Tips yang terakhir dalam memilih tanah kavling yaitu Anda harus mempertimbangkan harga ketika Anda tertarik untuk membeli tanah tersebut,  untuk itu Anda harus menyesuaikan kondisi keuangan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar